Mau Yang Hot? Di Sinilah Tempatnya.

Kebiasaan orang Aceh adalah mengunjungi tempat wisata yang ada pemandiaannya, sehingga tak heran rata-rata tempat wisata yang ada di Aceh selalu ada tempat untuk berbasah ria. Salah satunya yaitu objek wisata Ie Suum. Bagi sebagian warga yang berdomisili di Banda Aceh dan Aceh Besar pasti sudah tahu objek wisata ini. Ie suum merupakan nama sebuah Gampong yang terletak di kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. Nama Ie Suum sendiri bermakna "Air Panas", yaitu Ie = Air dan Suum = Panas (Bahasa Aceh).

Mengunjungi Ie Suum menjadi sebuah daya tarik tersendiri, karena objek wisata ini berbeda dengan yang lain, kalau Objek wisata lain menawarkan pemandian berupa laut dan sungai atau kolam-kolam dengan air biasa, nah di sini pengunjung akan di suguhi Air panas yang mengalir langsung dari pegunungan. biasanya orang yang berkunjung ke sini akan membawa telur ayam (boleh juga telur bebek, tergantung selera sih, hihi) untuk di rebus menggunakan Air panas yang mengalir melalui selokan-selokan yang telah dibentuk oleh warga sekitar, penampakannya lebih kurang seperti ini.

                                               (Air Panas yang mengalir melalui selokan)



                                           (Salah satu pengunjung sedang merebus Telur Ayam)


                                                 (Foto Di ambil dari atas sebuah batu besar)


Banyak hal yang di tawarkan di sini tak hanya aktifitas merebus telur, untuk anak-anak di sini disediakan kolam kecil dengan airnya yang hangat. penampakannya seperti ini ....


Terlihat beberapa orang ibu sedang menemani anak-anaknya mandi di Kolam khusus untuk anak-anak, Lantas apa hanya kolam pemandian untuk anak-anak yang ada? eitttss tunggu dulu.....untuk yang bukan anak-anak di sediakan dua buah kolam besar, dimana dipisahkan antara kolam untuk kaum Hawa dan Kolam untuk kaum Adam. 



                    (Kolam dengan Air hangat akan siap memanjakan Anda ditambah dengan latar pegunungan)




                       (Penampakan keseluruhan Objek Wisata Ie Suum di lihat dari atas sebuah batu besar)

Objek wisata ini juga sangat cocok jika kita berpegian dengan teman atau keluarga, karena disamping tempatnya yang luas juga fasilitas umumnya sudah lengkap, seperti MCK dan Musholla. 
Ditengah keberadaannya, Objek wisata ini terus saja di benahi untuk mendatangkan kenyamanan bagi pengunjung sekalian.
Nah bagi anda yang belum pernah ke sini tentu tidak salahnya mengajak teman atau sanak keluarga mengahabiskan akhir pekan di Pemandian Air Suum ini. Selamat berkunjung!

Fakta Unik :

1. satu-satunya objek wisata yang ada di Aceh Besar dan Banda Aceh menawarkan pemandian Air hangat alami langsung dari pegunungan.

2. Jika Posisi kita di Banda Aceh atau Aceh Besar maka ada dua alternatif jalan menuju objek wisata ini, pertama melalui Krueng Raya dan yang kedua melalui jalan dari arah Blang Bintang, nah yang uniknya kalau kita pergi melalui Jalan dari arah Blang Bintang maka ketika pulangnya Anda cukup mematikan motor anda, karena jalannya turun gunung, pengalaman kami ketika pulang melalui jalan dari arah Blang Bintang mesin motor tidak kami hidupkan lebih kurang sekitar 9 Km, dan tentunya jadi irit bahan bakar (Sekarang jalannya sudah sangat bagus). ^_^


4 komentar:

  1. Ie seu um mrpkan salah satu keistimewaan Aceh :)

    BalasHapus
  2. Zahratil Ainiah lagak that go foto?

    BalasHapus
  3. Jalan-jalan yang menyenangkan Aulia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang ubay, prnah kstu bang??
      Bg bca jga tlisan trbaru kmi lah.
      Ouh ya bg knalin my name rahmat n i anggta flp 2014. Hehe

      Hapus