Ini Dia 10 Keuntungan Dalam Bersilaturahmi


Lebaran Idul Adha baru saja usai. Namun keseruannya masih terasa hingga sekarang. Bagi kamu yang sudah bisa berkurban di usia muda tentu mendapatkan kepuasan tersendiri. Nah berbicara tentang lebaran, baik itu lebaran Idul fitri atau lebaran Idul Adha. Ada suatu adat dan tradisi dalam masyarakat kita yang masih berjalan hingga sekarang, yaitu bersilaturahmi ke rumah tetangga, sanak saudara dan masyarakat Gampong.

Kita semua pasti ingat, dulu ketika kecil bersilaturahmi kerumah sanak saudara pasti yang diharapkan adalah salam tempel. Namun seiring bertambahnya usia, tentu pikiran dulu dengan sekarang tidak sama lagi. Sekarang, ketika bersilaturahmi pasti yang menjadi pertimbangannya adalah biar hubungan dengan sanak saudara atau tetangga tambah harmonis atau mikirnya supaya mendapatkan Ridha dari Allah swt.

Berbicara tentang manfaat silaturahmi,  ketika Nabi Muhammad Saw masih hidup, ada seseorang yang bertanya kepada Baginda Nabi.

Ya Rasulullah, terangkan pekerjaan yang dapat mengantarkan aku ke sorga dan yang menyelamatkan aku dari siksa neraka. Lantas nabi pun menjawab, Ada 4 perkara yang dapat mengantarkan ke Sorga dan menyelamatkan kamu dari siksa neraka, pertama Kamu menyembah Allah dan tidak menyekutukanNya. Kedua melakukan Shalat 5 kali sehari semalam. Ketiga mengeluarkan zakat (fitrah atau harta) lantas yang ke empat yaitu Silaturahmi.

Dari hadist di atas tentu kita dapat memahami begitu urgennya silaturahmi. Sampai-sampai baginda Nabi mengkategorikannya kedalam 4 perkara yang dapat mengantarkan ke Sorga dan menyelamatkan dari siksa neraka.

Ada begitu banyak keutungan baik dalam dunia maupun di hari akhirat nanti jika kita mau bersilaturahmi. Dalam kitab Tanbihul Ghafilin di sebutkan, ada 10 perkara yang akan kita dapatkan jika bersilaturahmi, yaitu :

1.  Memperoleh rida Allah, karena Dia yang memerintahkannya;

2.  Membuat mereka gembira, berdasarkan hadist yang artinya “Amal yang paling utama adalah membuat seorang mukmin bergembira.” (Al hadist)

3.       Kesukaan para malaikat karena mereka senang bersilaturahmi;

4.       Mendapatkan pujian dari kaum muslimin;

5.       Membuat iblis menjadi marah;

6.       Memanjangkan usia;

7.       Menambah barakah (cukup) rezekinya;

8.       Membuat senang mereka yang telah meninggal, karena orang yang telah meninggal suka jika             cucunya bersilaturahmi;

9.   Memupuk rasa kasih sayang di antara keluarga atau famili sehingga timbul semangat saling                 membantu ketika berhajat;

10. Menambah pahala ketika meninggal karena akan selalu dikenang dan didoakan kebaikan orang yang bersilaturahmi.

Sumber : Terjemahan Tanbihul Ghafilin Bab Silaturahmi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar