Semua Berawal Dari Blog


Hal yang paling membanggakan dari nge-blog adalah bisa jalan-jalan gratis (Rahmat Aulia).
Sejak dari sekolah dasar hingga sekarang, salah satu hobi saya yang tidak pernah berubah adalah jalan-jalan. Sepertinya ini akan jadi hobi abadi sepanjang hayat. Mengunjungi tempat baru, berkenalan dengan orang yang tidak dikenal, menyelami sosial budaya setempat dan belajar dari apa yang alam sajikan.
***
Impian saya untuk keliling Aceh dan keluar negeri terwujud berkat nge-blog. Blog telah mengantarkan saya ke dataran tinggi Gayo hingga perbatasan Aceh-Sumut. Blog juga yang menerbangkan saya ke negeri Melayu. Berfoto depan menara kembar yang terkenal itu.

Masih terbayang dalam ingatan bagaimana senangnya saya ketika pertama kali keluar negeri ; Malaysia. Senangnya bukan karena bisa jalan-jalan gratis, tapi mimpi untuk keluar negeri terwujud. Loncat-loncat kegirangan.

Tahun 2017 bisa dikatakan  tahun keberuntungan bagi saya. Pada tahun ini saya berhasil mewujudkan dua mimpi ; keluar negeri dan keliling Aceh.

Waktu itu ke Malaysia memang bukan mutlak jalan-jalan, melainkan ikut acara Rentak Selangor. Acara tahunan pemerintah Negeri Selangor untuk mempromosikan pariwisata daerahnya. Saya ikut sebagai perwakilan dari Indonesia.

Ketika malam penutupan, saya di minta untuk menyampaikan kata sambutan sebagai perwakilan dari Indonesia. Tanpa ragu-ragu saya langsung mengiyakan tawaran moderator.

Rupa-rupanya saya menjadi orang pertama yang dipanggil untuk memberikan kata sambutan, menyampaikan pesan dan kesannya selama mengikuti Rentak Selangor.

Ketika berdiri di depan, di antara tamu undangan dan semua peserta, tiba-tiba pikiran saya jadi kosong.

Jadilah beberapa detik pertama saya senyum-senyum dulu sembari mengingat apa yang harus saya sampaikan.

"Sejujurnya ini acara paling keren yang pernah saya ikuti. Susunan acaranya sangat mantap. . . terimakasih saya ucapkan kepada teman-teman Gaya Travel Magazine selaku panitia pelaksana acara . . . ini merupakan kunjungan pertama saya ke Malaysia . . . saya terpesona dengan Bandara KLIA yang sangat besar dengan interior yang sangat indah . . . Sekian, selamat malam."

Lalu saya berjalan, kembali ke tempat duduk. Hati masih saja dag dig dug. Peu ku peugah saknyoe Ya Allah (Apa yang saya sampaikan tadi Ya Allah?).

Ketika kembali ke Aceh, insiden tentang kata sambutan itu masih saja terbayang-bayang. Antara lucu, kasian sama diri sendiri dan juga bangga karena berani untuk tampil. Tapi saya bersyukur dengan adanya insiden tersebut, saya jadi belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama pada acara akan datang.
Foto Bersama Travel Blogger Indonesia, Philipina dan Malaysia di Kuala Lumpur, Malaysia
***
Saya mulai nge-blog 2014. Waktu itu nge-blognya belum serius kali. Nulis acak apa yang terlintas dalam pikiran saja. Seiring berjalannya waktu, ketika blogger semakin dilirik oleh banyak orang saya pun mulai serius nge-blog.

Tidak hanya jalan-jalan gratis. Blog juga membuat pundi-pundi rupiah saya terisi. Dua tahun belakangan saja saya sudah menjadi dua kontributor situs wisata yang ada di Aceh. Satunya sudah habis kontrak dan tinggal satu lagi.

Menjadi kontributor cukup membantu keuangan saya selama ini, karena sejak wisuda enam bulan lalu saya belum kerja tetap.

Sebagai anak muda adakah yang paling menyenangkan dari bisa jalan-jalan gratis?

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba Flash Blogging bersama Forum Lingkar Pena Banda Aceh pada 20 Agustus 2017.




18 komentar:

  1. Waaah, sukak kali sama pengalamannya. Salam kenal yaaah....

    BalasHapus
  2. Alhasil tulisan bg rahmat yg sejak tdi lama x mikirnya. Bagus x malah :)

    BalasHapus
  3. wuihh mantap kali dekmat :D

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Ka male lon bang, haha. Harap maklum kalau banyak jampoknya karena ditulis dlam wktu sejam.

      Hapus
  5. menulis dan jalan-jalan mengikuti di belakangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menulis, jalan2 mengikuti dibelakangnya. Sang lebeh teupat meunan kalimat jih. Haha

      Hapus
  6. Cieee... Anak muda sudah go internasyonal. Pengen juga lah kayak Rahmat. Kalo ada waktu senggang, boleh dong kita ngopi bareng sambil sharing2... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tlong atur terus ya waktunya. #ecek2 blogger terkenal dan sudah padat.

      Hapus
  7. Baca judul artikel ini sudah lama x. Kaliii kali malah lamanya. Tapi baru kali ini saya baca sampai habis. wkwkwkwk

    Keren Rahmat !

    "Peu kupeugah saknyo ya Allah" ! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay artikel nya baru saya upload kok udah lama bacanya? 😯😯😯

      Hapus
  8. semoga karena ngeblog, kita bisa jumpa ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Om Deddy, doain aku bisa ke Palembang :)

      Hapus