Top Lima Tempat Wisata Menarik di Banda Aceh



Bagi kamu yang rencana liburan ke Banda Aceh, jangan lupa untuk singgah ke lima tempat wisata menarik yang akan menyuguhkan pemandangan indah selama di Banda Aceh. 

Tempat-tempat ini selalu menjadi spot favorit wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh. Kalau kata orang, tidak sah rasanya ke Banda Aceh kalau tidak berkunjung ke tempat wisata ini.


Banda Aceh sebagai Ibu Kota Provinsi Aceh hanya mempunyai luas 61,3 km2 saja, dengan ukurannya yang relatif kecil dibandingkan ibu kota lainnya di Indonesia membuat kota yang satu ini bisa dikelilingi dalam waktu satu hari saja.



Tidak sabar ingin segera keliling Banda Aceh? Baca dulu lima tempat wisata menarik yang akan menyuguhkan pemandangan indah selama di Banda Aceh

1. Masjid Raya Baiturrahman


Didirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada 1022 H/1612 M, Masjid Raya Baiturrahman menjadi ikon Aceh yang tiada duanya. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh untuk pertama kalinya pasti akan singgah ke Masjid Raya Baiturrahaman.

Objek wisata religi ini juga menjadi tempat wajib yang sering dikunjungi oleh orang Aceh se kembali dari rantauan. Dan pada 2017, Masjid Raya Baiturrahman telah berganti wajah dengan hadirnya parkir dan tempat wudhu’ bawah tanah layaknya Masjidil Haram, Arab Saudi.



2. Museum Tsunami


Mahakarya untuk mengenang Tsunami ini di desain oleh Walikota Bandung yaitu  Ridwan Kamil. Museum Tsunami mempunyai luas 2.500 m² dan jika beruntung kamu bisa melihat Banda Aceh melalui roof top Museum Tsunami.

Setiap sisi bangunan ini mempunyai arti tersendiri untuk mengenang Tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004.

Dan ada satu ruang di Museum Tsunami yang dinamakan ruang doa. Ruangan berbentuk lingkaran yang menjulang layaknya cerobong asap ini menempel ribuan nama korban Tsunami. Setiap kali memasuki ruangan ini, pengunjung seolah-olah merasakan langsung suasana duka setelah tsunami. Dan jangan lupa untuk memanjatkan doa kepada mereka korban tsunami.


Source : www.tempat.co.id

3. Pantai Ule Lheu


Tidak jauh dari pusat Kota Banda Aceh ada satu lokasi wisata pantai yang cukup digemari oleh masyarakat Kota Banda Aceh. Lokasi wisata yang diberi nama Pantai Ule Lheu ini akan penuh sesak oleh orang-orang ketika sore hari. Masyarakat Banda Aceh biasanya akan bersantai di Pantai Ule Lheu karena bisa menikmati indahnya pemandangan laut Kota Banda Aceh.


Dan pada sore hari, puluhan pedagang sudah siap dengan dagangannya untuk menyambut setiap pengunjung. Ada jagung bakar, siomay hingga kelapa muda yang siap memanjakan lidah Anda.





4. Kapal PLTD Apung

Source : www.visitaceh.id

Kapal seberat 2.600 ton ini terdampar hingga 2,4 km dari tempat asalnya. Sesuai namanya, objek wisata Tsunami yang ada di Kota Banda Aceh ini dulunya merupakan Kapal Pembangkit Listrik Tenaga Darat (PLTD) yang mengapung di lautan.

Dan ketika tsunami menerjang Aceh, kapal ini terseret hingga radius 2,4 km. Bagi Anda yang ingin melihat langsung objek wisata yang satu ini, bisa langsung berkunjung ke Gampong Punge Banda Aceh.


5. Museum Aceh


Komplek Museum Aceh
Aceh dulunya merupakan sebuah kerajaan cukup terkenal dan disegani di Asia tenggara. Dan salah satu kerajaan Islam tertua di Asia Tenggara adanya di Aceh, kerjaan yang dimaksud adalah Kerajaan Samudera Pasai.

Jika Anda berkunjung ke Banda Aceh dan ingin menyelami sejarah Aceh, tak ada salahnya untuk berkunjung ke Museum Aceh. Beralamat di Jl. Sultan Alaiddin Mahmudsyah, museum yang sudah berdiri sejak zaman kolonial ini menjadi tempat belajar yang sangat menyenangkan karena semua tentang Aceh ada di sini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar