Field Trip Bersama WWF Aceh – Menelusuri Jejak Geothermal di Aceh Besar



“Halo! Apa mau join Field Trip ke Seulawah Aceh Besar?” Nanda Mariska, tim Ring of Fire  WWF (World Wide Fund for Nature) Indonesia menghubungi saya via whatsapp message.

Saya yang pagi itu sedang antri beli lontong langsung merespon “Boleh, kumpul di mana dan jam berapa?”.

“Kumpul di kantor WWF Aceh pukul setengah sembilan ya!” Nanda membalas dengan cepat.

“Oke! Thanks Kak.” Berhubung doi lebih tua, jadi saya manggilnya kak. J

Berhubung antrian lontong masih rame, jadi saya langsung balik badan. Pagi itu, saya punya waktu sekitar satu jam untuk beres-beres dan pergi ke kantor WWF. Berhubung jarak dari rumah ke kantor WWF memakan waktu setengah jam, ilmu gerak cepat sangat berguna saat-saat seperti ini.

Saya tiba di kantor WWF pukul setengah sembilan lewat empat menit. Rupanya peserta lain belum pada sampai.

Pada momen seperti ini, saya merasa kesal dengan mereka yang tidak ontime.

Tidak menunggu lama, satu persatu peserta mulai berdatangan. Setelah semua beres. Perlahan, bus berangkat. Meninggalkan kantor WWF dan besiap menuju Gampong (Desa) Ie Seu’um Kecamatan Krueng Raya, Aceh Besar.

Tujuan field trip ini adalah jalan-jalan ke kawasan geothermal, jadilah Ie Seu’um masuk dalam daftar tujuan.

Sebelumnya sudah pada tahu kan geothermal itu apa?

Secara singkatnya, geothermal (energi panas bumi) merupakan energi panas  yang terdapat di dalam bumi yang berasal dari aktivitas tektonik dari dalam bumi yang terjadi sejak planet ini diciptakan. Hingga saat ini, telah lebih dari satu juta rumah di Italy yang listriknya dibangkitkan oleh tenaga geothermal dari Larderello - WWF Indonesia.

Potensi Geothermal Indonesia dan Aceh

Secara geografis Indonesia terletak di kawasan ring of fire atau jalur magma. Ini ditandai dengan banyaknya jumlah gunung berapi. Potensi energi panas bumi di Indonesia mencakup 40% potensi panas bumi dunia, tersebar di 251 lokasi pada 26 provinsi dengan total potensi energi 27.140 MW atau setara 219 Milyar ekuivalen Barrel minyak. Kapasitas terpasang saat ini 1.194 atau 4% dari seluruh potensi yang ada - WWF Indonesia.




Selama perjalanan, bus bergerak cukup pelan. Jarak tempuh Banda Aceh – Krueng Raya yang biasanya 40 menit malah memakan waktu satu jam lebih.

Hawa panas mulai terasa ketika memasuki kawasan objek wisata Ie Seu’um. Hamparan hijau perbukitan bak permadani yang dihamparkan dari ketinggian. Uap-uap dari aliran air panas semakin menambah keindahan objek wisata Ie Seu’um.

Kawasan Ie Seu’um sudah lama di fungsikan sebagai objek wisata pemandian air panas. Ie Seu’um sendiri diambil dari Bahasa Aceh yang berarti ‘air panas’, “ie” berarti “air” dan “seu’um” berarti “panas”.


Kawasan Ie Seu’um sendiri telah masuk dalam daftar pemerintah Aceh melalui dinas terkait sebagai “calon” pendirian perusahaan panas bumi (geothermal).

Pemerintah Aceh terus mengupayakan agar kedepan, Aceh yang mempunyai 17 titik manifestasi  geothermal bisa memanfatkannya untuk kebutuhan energi yang semakin hari semakin meningkat. Dua titik manifestasi geothermal yang sudah mulai tahap eksplorasi adalah Geothermal Jaboi, Sabang dan Seulawah Agam, Aceh Besar.

Seiring dengan rencana pembangunan ini, WWF sebagai sebuah NGO juga terus melakukan berbagai upaya dan advokasi agar rencana pembangunan ini tidak sampai mengganggu keberlangsungan hidup flaura dan fauna setempat.

WWF Aceh juga terus mengupayakan agar masyarakat sekitar juga ikut dilibatkan dalam pembangunan mega proyek ini. Sehingga istilah “buya krueng teu dong-dong, buya tameng meuraseuki” tidak berlaku dalam rencana pembangunan ini.

Satu per satu peserta field trip turun dari bus. Nanda lalu mengarahkan peserta untuk berkumpul di salah satu warung karena akan ada sesi sharing dari tokoh setempat.


Rupanya, tokoh setempat sudah duluan hadir. Dengan hangat, mereka menyambut kedatangan kami.

“seandainya jadi dibangun di sini, kami warga gampong yang terdiri dari 8 gampong sudah siap dan akan membantu semampu yang kami bisa. Kami juga berharap supaya warga setempat dilibatkan dari mulai perencanaan hingga perusahaan beroperasi nantinya.” Imam mukim yang mewakili para tokoh membuka pembicaraan.

Selanjutnya imam mukim mulai memaparkan tentang sejauh mana kesiapan warga. Satu persatu pertanyaan keluar dari peserta field trip. Sesi sharing jadi begitu hidup.

Beliau juga berkisah tentang fakta yang membuat kening saya berkerut. “banyak yang tidak tahu bahwa air panas yang selama ini keluar dari kawasan wisata ini sumbernya dari laut. Kami pernah berkali-kali menemukan sampah plastik dan hasil laut keluar dari sini.” Tutur Pak Yusman penuh semangat di usianya yang tak lagi muda.

Setelah lebih setengah jam di Ie Seu’um, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Gampong Lamteuba yang berada di puncak Gunung Seulawah. Ada beberapa titik manifestasi geothermal di Lamteuba yang ditandai dengan munculnya semburan air panas.

Ditemani tokoh adat setempat, kami kembali melihat potensi energi terbarukan di Gampong Lamteuba, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar. Jarak dari Ie Seu’um menuju Lamteuba sekitar 20 menit berkendara.


“Ada beberapa titik manifestasi geothermal di sini, berhubung kondisi sedang hujan dan waktu yang terbatas. Kita hanya meninjau satu lokasi saja.” ujar Nanda singkat.

Potensi Geothermal Lamteuba tersebar di beberapa titik, menurut keterangan tokoh setempat. Mendekati puncak Seulawah semburan airnya lebih besar lagi. Tapi untuk menuju ke sana harus siap jalan kaki lebih kurang dua jam.  


Menjadi penutup field trip bersama WWF Aceh adalah meninjau lokasi budidaya jamur merang di Gampong Lamkabeu, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar. Dari Lamteuba menuju Lamkabeu menghabiskan waktu sepuluh menit berkendara. Dalam perjalanan ini, saya baru tahu dan sadar bahwa Kecamatan Seulimum cukup luas.

Budidaya jamur merang yang diberi nama Bate Meuligoe ini dikelola oleh kelompok perempuan dari lima gampong di mukim Lamkabeu di bawah bimbingan Aceh Geothermal Forum (AGF). AGF sendiri dibentuk oleh WWF Aceh dan beranggotakan masyarakat yang gampongnya masuk dalam kawasan rencana pendirian perusahaan geothermal.

Target jangka panjang dari usaha ini adalah bisa memberdayakan ekonomi masyarakat Lamkabeu. Selama ini, permintaan jamur merang di pasar sangat tinggi. Bahkan harga jual jamur merang menembus delapan puluh ribu per kilonya.



Untuk saat ini, "uap panas" yang digunakan untuk menghangatkan ruangan masih menggunakan kayu bakar dengan memanaskan air. Target kedepannya, untuk bahan bakar akan menggunakan energi panas bumi (geothermal).

Menutup kegiatan Field Trip bersama WWF Aceh, Nanda selaku koordinator mengajak semua peserta menyantap kuah beulangong di salah satu rumah makan Indrapuri. Peserta pun kompak mengangguk setuju.


20 komentar:

  1. Kapan mulai jalan geothermalnya dekmat?
    Baju merah emang kece kalo dipakai utk wisata alam ya... Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata dinasnya dalam waktu "dekat" kak, lg audiensi bbrapa hal lg.

      baju merah adalah kekuatan utk menghasilkan foto yg baik. Haha

      Hapus
  2. Ide geothermalnya keren.. bisa jadi alternatif yang mudah diterapkan..

    BalasHapus
  3. Jadi, arti dari buya krueng teu dong dong itu apa ya bang rahmat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buya krueng teu dong2 buya tameng meuraseuki mrupakan pepatah Aceh utk menjelaskan bhwa ktika ada suatu lowongan pkerjaan, prusahaan pnyedia lowongan lebih memprioritaskan org luar Aceh ktimbang org Aceh sendiri.

      Hapus
  4. Asyik banget kayaknya kak tempat wisatanya ^^ Aku paling suka berwisata ke alam.Kalo ke Aceh aku wajib ke sini nih... by the way, kuah beulangong apaan ya kak? Share fotonya dong ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuah beulangong itu kuliner khas Aceh yg pling banyak dicari org krna rasanya yg enak pakek banget. Jd kuah beulangong ini mrupakan masakan kari Aceh (bysa pakai daging sapi atau kambing) dgn cmpuran pluhan rempah2. Nanti di post slanjutnya sya tulis ttg ini ya.

      Hapus
  5. Keren...keren.... saya hanya baca-baca mengenai energi yang satu ini, ternyata ada di beberapa daerah dan diterapkan... Josh... untuk mengatasi krisis energi bisa nih buat alternatif...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget Mas, syang banget kalau nggk dimanfaatkan. Tp proses mewujudkannya itu yg lumyan lama.

      Hapus
  6. wah berarti ini semacam sumber panas alami begitu ya? bisa buat sehari-hari nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak, di Italy sdah dimanfaatkan utk energi rumah tangga.

      Hapus
  7. Makasih ya sudah sharing tentang energi panas bumi (geothermal) jadi banyak pelajaran baru nih. Semoga Idnonesia makin maju ya. Keren euy. Btw, di Aceh nyebut lonttong juga ya buat lontong sayur?

    BalasHapus
  8. Smg sumber energi yg ada bs bnr2 dimanfaatkn utk mmbangun negeri sendiri dan trbebas dr intervensi asing. Btw Jd makin pengin ke aceh trus nyicip leubangong.

    BalasHapus
  9. kok makin bagus tempatnya ya. dulu gak gini lokasinya..

    BalasHapus
  10. Potensi alam di Aceh memang gak ada habis-habisnya yak. Oiya bang, coba lontongnya pesan online aja. Ditempatku gitu soalnya ckckc sejam aja uwak itu buka kede eh dah byk pesanan yg pada tinggal ambil aja lalu bayar. Pasrah dah

    BalasHapus
  11. Silahkan di kunjungi ya kawan-kawan 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    Bandar Q Online Terpercaya dan Teraman di GUNUNGPOKER
    Link daftar : http://bandaraduq.com/Register.aspx?lang=id
    BBM : 56978317

    SEMUA GAME HANYA PAKAI 1 USER ID : Poker, Domino QQ, Capsa Susun, Adu Q, Bandar Poker,

    Segera daftarkan userid anda di GUNUNGPOKER
    Promo Terbaru dari GUNUNGPOKER
    - Minimal DEPOSIT & WITHDRAW Rp 20.000,-
    - Tersedia 7 game dalam 1 USER ID
    - BONUS Turnover 0.5%
    - BONUS Referral 20%

    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT GUNUNGPOKER 24 JAM ONLINE
    Fanspage FB : @agengunungpoker
    Pin BB : 56978317
    WA : +62812-7287-4416
    LINE : gunungpokercsr1
    WECHAT : gunungpokercsr1
    YM : gunungpokercsr1@yahoo.com
    Cerita Dewasa
    Cerita Semi
    Cerita Sex
    Nonton Bokep
    Film Sex
    Film Dewasa


    Prediksi Bola
    Berita Bola
    Live Score
    Bursa Taruhan


    Agen domino
    BandarQ
    Domino 99
    Domino QQ
    Agen Poker
    Bandar Poker
    Agen Judi QQ
    Judi Online
    Forum Judi Online

    hubungi kami di :
    Line : gunungpokercsr1
    Bbm : 56978317
    Wa : +6281272874416

    BalasHapus